Terpopuler:

Apa itu fingerprint?

07 November 2019 - Kategori Blog

Apa itu Fingerprint?

Apa itu figerprint? Zaman sekarang banyak sekali Teknologi-teknologi canggih yang banyak di gunakaan di perangkat keras dan lunak, Tidak hanya itu, para ilmuwan kini sudah membuat bahkan menerapkan fitur yang bernama Face Recognition atau fitur unik untuk pengelanan wajah dan masih banyak lagi fitur-fitur unik yang memakai kecanggihan teknologi masa kini. Face Recognition sendiri adalah evolusi dari fingerprint atau fitur untuk pengelanan sidik jari. Banyak yang tidak tahu sejarah finger print dan siapa penemu finger print, kalau begitu mari kita simak sejarah fingerprint berikut dengan seksama…

Sejarah FingerPrint

Fingerprint adalah sebuah alat elektronik yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang untuk keperluan verifikasi identitas.

Pada tahun 1890 seorang ilmuwan dari negara inggris mengemukakan sebuah gagasan ilmiah dalam menggunakan sidik jari untuk mengidentifikasi seorang pelaku kriminal. Pada awalnya Sekitar tahun 1880-an Galton mempelajari sidik jari untuk menyelidiki kesamaan kegenitika dan pola keturunan, pada penelitiannya tersebut Galton menarik kesimpulan bahwa tidak satupun manusia di dunia ini yang memiliki sidik jari yang sama meski memiliki tipe yang sama. Berdasarkan hal tersebut, Galton menyatakan bahwa sidik jari bisa mengenali identifikasi seseorang.

Penelitian Fingerprint terus bergulir pada tahun 1892, sampai saat galton menerbitkan buku berjudul ”Fingerprints” yang berisikan seluruh temuan ilmiahnya sidik jari. Konsep sidik jari paling terkenal dari galton ialah tipe-tipe sidik jari yang kita kenal saat ini yaitu lingkaran(loop),lengkungan(orch),dan ulir(whorl). Ketiga tipe atau pola dasar inilah yang menjadi panduan awal menentukan pola sidik jari seseorang yang kemudian ditambah dengan titik-titik unik dalam pola dasarnya.

Setelah Galton menerbitkan bukunya tersebut, para penegak hukum di berbagai negara mulai menerapkan konsep identifikasi sidik jari untuk mengenali para pelaku kriminal. Orang pertama yang menerapkan sistem fingerprint adalah Sir Edward Richard Henry, dia adalah seorang aparat kepolisian Inggris yang bertugas di India menjadi salah satu pionir dalam menerapkan sistem identifikasi sidik jari bagi para pelaku kriminal di India. Beberapa saat setelah itu, Sir Edward Richard Henry telah mengumpulkan sebanyak seribu sidik jari para pelaku kriminal di india dengan cara manual atau kartu sidik jari. Dan pada sekitar abad ke 20-an, seorang kepolisian inggris yang bernama Scotland mulai membangun sistem identifikasi sidik jari yang berdasar pada sistem yang dikembangkan oleh Sir Edward Richard Henry dan mendirikan biro pusat sidik jari di kantor Kepolisian Inggris. Fingerprint terus berkembang berkembang tidak hanya di benua Eropa, namun juga merambah ke benua Amerika. Pada sekitar tahun 1903, New York Police Department (NYPD), The New York State Prison System dan Federal Bureau of Prison mulai mengadopsi sistem sidik jari bagi para pelaku kriminal.

Pada tahun 1905, Angkatan Darat Amerika Serikat juga mulai menggunakan sistem ini untuk mendata seluruh anggotanya. Bukan hanya Angkatan Darat, FBI pun mulai menggunakan sistem identifikasi sidik jari pada tahun 1924 khususnya bagi para pelaku kriminal. Hingga saat ini, FBI dan kepolisian negara lain termasuk Indonesia telah mengembangkan sistem identifikasi sidik jari yang canggih.

Penggunaan sidik jari saat ini

awal memang banyak digunakan dalam bidang penegakan hukum, namun pada perkembangannya teknologi sidik jari juga mulai digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu yang sering kita temui adalah mesin absen Fingerprint yang saat ini dipasang di hampir semua kantor baik swasta maupun pemerintah. Mesin ini menggunakan identifikasi sidik jari para pegawainya untuk memantau kehadiran pegawai yang bersangkutan. Pada setiap awal dan akhir jam kerja, pegawai harus menempelkan sidik jarinya sebagai bukti kehadirannya. Teknologi ini memungkinkan sebuah perusahaan atau kantor pemerintah memantau kehadiran pegawainya karena pegawai tidak mungkin memalsukan sidik jari miliknya yang unik dan tidak mungkin sama dengan orang lain.

Tapi banyak juga perusahaan yang tidak memakai mesin absen fingerprint karna banyak olshop-olshop yang tidak bertanggung jawab tapi agan dan sist jangan khawatir karna olshop kami meneyediakan banyak varian,di jamin 100% ori dan pengiriman cepat seperti kilat hanya di www.kiosbarcode.com 

Sumber: perangkatkasir.co.id

 

, , , , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp