Terpopuler:

Komponen Pembangun Jaringan Komputer

18 September 2019 - Kategori Blog
Komponen Pembangun Jaringan Komputer

Komponen Pembangun Jaringan Komputer

Kembali lagi bersama kami blogger dealer perangkat kasir. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan komponen apa saja kah yang kita perlukan saat kita ingin membangun suatu jaringan komputer. Sebelum kita mengenal komponen pembangun jaringan alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengenal apa itu jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer 

Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling terhubung satu sama lain dan bisa saling transfer data dan berkomunikasi. Jaringan Komputer dapat dibangun diperlukan gabungan antara software dan hardware. Jaringan Komputer memiliki banyak jenis yaitu, LAN, MAN, WAN dan PAN. Jika kita sudah paham apa itu Jaringan Komputer selanjutnya kita mengenal komponen pembangun jaringan komputer

Komponen Pembangun Jaringan Komputer

1. Network Interface Card ( NIC )

NIC atau yang biasa kita sebut LAN Card Merupakan salah satu komponen pembangun jaringan yaitu sebuah komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan komputer. Komponen ini biasanya telah terpasang pada CPU pada komputer atau laptop.

2. HUB

HUB Merupakan komponen yang memiliki bentuk fisik kotak yang terdapat beberapa lubang port yang digunakan untuk menghubungkan server dan client dalam satu jaringan lokal. HUB memiliki beberapa fungsi yaitu :

  • Menghubungan jaringan dari server ke client atau user
  • Sebagai jalur tranfer data suatu jaringan
  • Menjadi penguat jaringan transmisi paket data jaringan

3. Switch

Komponen ini hampir sama dengan HUB yaitu berfungsi sebagai jalur penghung antara server dan client dalam satu jaringan bedanya switch lebih pintar karena dapat menganalisa dan mengatur paket data yang masuk.

4. Repeater

Fungsi dari repeater yaitu memperkuat kembali sinyal yang masuk dari satu titik dipancarkan kembali ke titik lainya dengan kekuatan sinyal sama dengan titik awal namun menyebabkan jarak jangkauan sinyal menjadi lebih luas dari sebelumnya.

5. Modem 

Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Modem memiliki beberapa fungsi yaitu :

  • Mengubah Sinyal Digital Menjadi Analog
  • Menghubungkan Perangkat dengan jaringan
  • Melakukan Pemeriksaan paket data
  • Melakukan Kompres data yang dikirimkan melalui sinyal

6. Bridge

Bridge adalah alat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki media komunikasi dan topologi yang berbeda namun memiliki protokol yang sama. dengan menggunakan bridge kita dapat memperkecil segmen jaringan yang luas menjadi lebih kecil  dan mampu memonitor jaringan tersebut. Selain itu dengan menggunakan bridge kita dapat mengontrol broadcast jaringan yang terhubung dengan bridge.

7. Access Point

Access Point memiliki fungsi yaitu memancarkan koneksi data dan Internet melalui gelombang radio, Selain itu dengan menggunakan access point kita dapat mengatur akses perangkat yang terhubung dalam jaringan dengan fitur keamanan WEP dan WPA. dan juga dengan meggunakan access point kita dapat memblokir akses user ke website yang kita inginkan

sekian artikel yang saya buat semoga bisa menambah pengetahuan bagi yang membaca. Terima kasih telah berkunjung ke website kami …

 

sumber : Komponen Jaringan

 

 

 

, , , , , ,

 
Chat via Whatsapp