Terpopuler:

Langkah-langkah menyetting Access Point TP-Link

30 November 2019 - Kategori Blog

Cara Setting Access Point TP-LinkAccess Point yang digunakan adalah Wireless Access Point untuk Outdoor TL-WA7210N

  1. Memasang semua perangkat pendukung agar Access Point tersebut dapat berfungsi. Seperti memasang antenna, kabel power, dan menghubungkan kabel jaringan pada Access Point dengan komputer yang digunakan untuk mensetting Access Point.
  2. Melakukan setting Acces Point yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui IP, Username, dan Password dari Access Point tersebut. Keterangan tersebut biasanya berada pada bagian belakang Acces Point atau pada kotak kardusnya.
    IP                          : 192.168.0.254
    Username              : admin
    Password               : admin
  3. Setting IP pada PC yang digunakan untuk setting Access Point. IP pada Access Point diatas adalah 192.168.0.254, maka kita harus menggunakan IP yang mempunyai Network ID yang sama dengan IP Access Point. Saya disini menggunakan IP Address 192.168.0.199 , Subnet Mask : 255.255.255.0gambar 3.1 : pilih Access Point yang akan kita gunakangambar 3.2 : klik connect, agar dapat terkoneksi ke Access Point tersebut

    gambar 3.3 : pilih Yes

    gambar 3.4 : sekarang telah terkoneksi

    gambar 3.5: klik kanan pada icon Network

    gambar 3.6: pilih Access Point yang akan kita gunakan, connect-an ke Access Point tersebut

    gambar 3.7: Pilih Properties

    gambar 3.8 : Double klik pada Internet Protocol Version 4

    gambar 3.9 : Atur IP Address dan Subnet Mask seperti pada gambar diatas. IP Address 192.168.0.199 , Subnet Mask : 255.255.255.0. Setelah itu klik OK

    Setelah semua setting IP pada PC selesai klik OK

  4. Setelah setting alamat IP, langkah selanjutnya yaitu membuka browser (Google Chrome, Internet Exploler,Mozilla Firefox, dll) . Saya disini menggunakan browser Google Chrome.
  5. Masukan IP pada address bar browser (192.168.0.254)
  6. Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog Authentication Required, diminta memasukan Username dan Password. Inputkan sesuai data yang diatas yaitu Username: admin & Password: admin. Setelah itu klik Log In

  1. Muncul pesan Welcome, meminta persetujuan terhadap syarat-syarat penggunaan. Ceklis pada bagian check-box bahwa kita menyetujuinya, lalu klik Login.
  2. Akan muncul halaman AP berupa Quick Setup , kita pilih Next
  3. Pada menu Quick Setup – Operation Mode kita pilih yang Access Point, setelah itu klik Next
  4. Pengaturan Quick Setup – Wireless
    Pengaturan yang perlu dilakukan adalah pengaturan SSID. SSID adalah Service Set Identifier, tempat untuk mengisi nama wireless Access Point yang kita buat, bisa dikatakan SSID adalah nama jaringan yang akan muncul di PC saat kita mencari sebuah wireless . Biasanya SSID setiap wireless point yang di buat berbeda – beda. Saya disini mengatur SSID dengan nama kelompok1.
    Kemudian kita akan mengatur Region, Trasmission power, wireless security. Region atau daerah kita pilih Indonesia . Nah ketika memilih Transmission power biasanya yang tersedia tergantung pilihan dari Region yang kita pilih, saya memilih yang 27dBm.Untuk Wireless Security Mode saya pilih yang Most Secure, agar lebih aman. Setelah itu isi Wireless Password sesuai keinginan kita agar tidak semua orang dapat menggunakan access wireless ini.
    Setelah selesai mengaturnya klik Next
  5. Pengaturan Quick Setup – NetworkPada DHCP Server kita Enable-kan agar perangkat yang terhubung dengan Access Point ini mendapatkan IP Address secara otomatis tanpa perlu kita atur secara manual. Setelah selesai mengaturnya klik Next
  6. Setelah kita melakukan Quick Setup setup, muncul status-status pengaturan yang telah kita buat, apabila telah benar kita lakukan Reboot. Reboot berfungsi agar semua setting yang telah kita lakukan dapat tersimpan dalam Access Point. Jika ada yang ingin diatur ulang kita bisa memilih Back. Pilih OK
  7. Tunggu hingga proses Restarting selesai dilakukan
  8. Apabila proses Restarting telah selesai maka, halaman pada browser akan secara otomatis merefresh
  9. Status Pengaturan Access Point TP-Link
  10. Taaaaraaaaaaaaammmm Access Point dengan SSID kelompok1 telah berhasil dibuat.
  11. Lakukan pengetesan jaringan Access Point yang baru dibuat. Gunakan sebuah PC/Laptop lain untuk mengakses jaringan wireless dengan nama kelompok1.

mungkin hanya ini yang saya bisa bagikan dipostingan kali ini, semoga bermanfaat

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya. Terimakasih dan Selamat Mencoba ^_^.

Kunjungi juga Website kami, Link ada di bawah

>>>> Klik Disini <<<<

Contact Us: 

Perangkat Kasir

Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Endang

Telp/SMS/WA: 081259417200

 
Chat via Whatsapp