Sistem Operasi Android

Perkembangan SIstem Operasi Android

Pada zaman sekarang hampir setiap orang memiliki smartphone / telepon genggam untuk dapat membantu berbagai aktifitas sehari –  hari, dan jika kita sering menggunakan perangkat tersebut pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Android.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana sih Perkembangan Sistem Operasi Android. Sebelum itu yuk kita mengenal dulu apa sih yang dimaksud dengan Android. Sistem Operasi Android

Pengertian Android

Android Merupakan salah satu sistem operasi smartphone yang sangat terkenal. Android sangat membantu pengguna smartphone saat beraktifitas baik untuk kebutuhan komunikasi maupun hiburan.

Sebelum terkenal seperti sekarang, android merupakan sistem operasi linux untuk smartphone dan tablet dan juga android dikembangkan oleh perusahaan Android inc pada tahun 2003 yang berpusat di PaloAlto, California, Amerika Serikat.

Sampai pada tahun 2008, Google mengenalkan smartphone berbasis android pertama yaitu HTC Dream yang pada saat itu masih berbasis android V 1.0 dan hingga saat ini pengembang android terus dilakukan secara bertahap pada setiap versinya untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Perkembangan Android

1. Android Astro

Astro adalah nama dari android versi pertama ( 1.0 ) dan telah diresmikan pada tanggal 23 September 2008. di dalam android 1.0 tempat mendownload berbagai aplikasi telah diperkenalkan yang bernama Android Market.

Namun terdapat permasalahan hak cipta pada nama Astro, Sehingga pemberian nama tersebut tidak jadi dilakukan.

2. Android Bender

Pada android bender system user interface menjadi lebih baik untuk dapat meningkatkan performa dari android Bender.

sayangnya penamaan nama bender juga mendapat permasalan hak cipta sehingga lagi – lagi penamaan tersebut tidak jadi dilakukan.

3. Android Cupcake

Dikarenakan versi ketiga dari Android, maka pemberian nama versinya diawali dengan huruf C, yaitu Cupcake danVersi ini diluncurkan pada bulan Mei Tahun 2009

Aplikasi dan fitur yang ditambahkan pada sistem Android ini, antara lain aplikasi kamus dan keyboard, aplikasi merekam dan memutar video dalam format MPEG-4, aplikasi widget yang lebih lengkap, dan aplikasi mengunggah video ke dalam Youtube secara lebih mudah.

4. Android Donut

Kemudian masih pada tahun 2009 bulan September, Android Mengeluarkan versi terbarunya lagi dengan nama Donut.

Pada versi ini, terdapat penambahan dukungan jaringan CDMA/EDVO yang pada versi Android sebelumnya tidak ada. Terdapat juga penambahan fitur pada sistem kamera dan mesin pencari (search engine).

5. Android Eclair

Android Eclair Merupakan versi selanjutnya dari Donut yang Diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2009, Android ini dibangun berdasarkan perubahan signifikan yang dibuat pada android sebelumnya “Donut”.

Penambahan yang dilakukan pada versi ini adalah adanya fitur GPS (Global Positioning System ) dan Dua tambahan utama dalam Eclair yang mendukung komunikasi jarak dekat (NFC) (digunakan dalam solusi pembayaran bergerak) dan inisiasi sesi protokol (SIP) (digunakan dalam telepon internet VoIP).

6. Android Froyo

Pada tanggal 20 Mei 2010, Android resmi meluncurkan sistem operasi Android dengan kode Froyo (Frozen Yogurt).

Tambahan fitur pada versi Android ini adalah Adobe Flash Player, yang pada versi sebelumnya belum ada. Selain itu, adanya dukungan dari kartu Mirco SD (Secure Digital) untuk penyimpanan data dalam kapasitas lebih besar.

7. Android Gingerbread

Sekitar 7 bulan setelah peluncuran Android Froyo, tepatnya pada bulan Desember 2010, Android kembali merilis sistem operasi vesi terbarunya, yang diberi nama Android Gingerbread.

Android Gingerbread memiliki keunggulan dibanding versi sebelumnya, yaitu dapat digunakan untuk melakukan panggilan video (video call).

Banyak perubahan yang dilakukan pada versi Gingerbread ini, karena memang versi ini dikhususkan untuk mengoptimalkan berbagai aplikasi dan game yang terdapat di Google Play Store.

8. Android Honeycomb

Android versi Honeycomb resmi diluncurkan pada bulan Februari 2011. Sebenarnya versi Android ini dikhususkan untuk pengguna tablet berbasis Android.

Pada versi ini, ditawarkan tampilan status bar yang semakin memudahkan penggunanya dalam berselancar.

9. Android Ice Cream Sandwich

Android versi Ice Cream Sandwich diluncurkan pada bulan Oktober 2011. Sistem operasi Android Ice Cream Sandwich hadir dengan tampilan yang lebih elegan dibandingkan versi terdahulu. Peningkatan kualitas fotografi dan video dilakukan pada versi Android ini.

10. Android Jelly Bean

Pada bulan Juli tahun 2012, Android kembali meluncurkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama Android Jelly Bean. Nexus 7 merupakan perangkat seluler yang menggunakan Android versi Jelly Bean ini.

Pembaharuan yang dilakukan pada versi Android ini adalah peningkatan kualitas input keyboard dan adanya pencarian Google Now yang memberikan informasi mengenai cuaca dan traffic.

11. Android KitKat

Android versi KitKat diresmikan oleh Google pada tanggal 4 September 2013. Operasi sistem ini dipercaya mampu memberikan tampilan status bar transparan dan pembaharuan User Interface pada program Goole Maps Navigation dan Alarm.

12. Android lollipop

Di OS inilah Google mulai menerapkan filosofi desain antarmuka “Material Design” yang serba “flat” di Android. Di luar tampilan kosmetik ada banyak perubahan lain di Android Lollipop, termasuk debut Android Runtime menggantikan Dalvik VM yang sudah uzur, dan dukungan format gambar RAW.

Lollipop diluncurkan pada tahun 2014

13. Android Marshmallow

Marshmallow diluncurkan pada tahun 2015 pada saat inilah Android untuk pertama kalinya menambahkan dukungan resmi terhadap sensor pemindai sidik jari. Permissions aplikasi tak lagi diminta secara sekaligus, tapi dirinci satu per satu sehingga bisa lebih diteliti oleh pengguna.

14. Android Nougat

Diluncurkan pada tahun 2016 dan pada versi ini Google Menambahkan dukungan multi windows sehingga pengguna dapat menggunakan dua aplikasi bersamaan secara terpisah.

selain itu juga ada Fitur Data Saver pada Android Nougat yang membantu pengguna dalam memonitor dan membatasi penggunaan kuota data internet.

15. Android Oreo

Android 8.0 Oreo resmi diluncurkan pada tanggal 21 Agustus 2017, beberapa fitur baru dimunculkan pada sistem operasi Android Oreo ini. Selain itu Fitur  Google Play Protect pada Android Oreo memberikan perlindungan keamanan dan mengendalikan pemasangan aplikasi dengan lebih ketat.

16. Android Pie

Android 9 “Pie” adalah pembaruan selanjutnya dari Android 8.1 “Oreo” yang dirilis pada 6 Agustus 2018

Menariknya ada 1 fitur lagi yang menjadi sorotan di Android 9 Pie yaitu Digital Wellbeing. Fitur ini dapat merekam berapa lama kamu menggunakan aplikasi tertentu, berapa notifikasi yang kamu terima dan berapa kali kamu meng-unlock smartphone kamu. Selain itu fitur yang paling dibutuhkan adalah App Timer, jadi kamu dapat membatasi penggunaan aplikasi tertentu yang dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas.

Sekian, mungkin sampai sini saja artikel yang saya buat karena sampai saat ini pie merupakan android versi paling terbaru dan kita hanya tinggal menunggu android meluncurkan versi terbarunya yaitu android dengan kode Q

Sampai ketemu dilain kesempatan …..

sumber : Versi Android

info lebih lanjut bisa klik disini

 

 

 

 
Chat via Whatsapp